Selasa, 19 November 2013

Organisasi

Organisasi yang muncul sejak jaman dahulu hingga kini sangat beragam. Agar tidak bingung, berikut daftar tipe/bentuk organisasi :
  • Organisasi garis atau line
Yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah :
  • Organisasi masih kecil 
  • Jumlah karyawan sedikit
  • Spesialisasi kerja masih kecil
Keuntungannya adalah :
  • Mudah dimengerti dan dilaksanakan
  • Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
  • Merupakan jenis organisasi yang stabil
  • Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
  • Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal
Kerugiannya  adalah :
  • Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
  • Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
  • Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
  • Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar
  •  Organisasi fungsional
Tipe ini diciptakan oleh F.W.Taylor . Dalam tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut. Keuntungannya :
  • Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
  • Ada koordinasi yang baik
  • Memudahkan dalam pengawasan
Kerugiannya :
  • Banyak mengeluarkan biaya tambahan
  • Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik
  • Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.
  •  Organisasi garis dan staf
Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut. Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson. Keuntungannya :
  • Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya,dan kompleksitas susunan organisasinya
  • Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli
  • Perwujudan “the right man in the right place”lebih mudah terlaksana
Kerugiannya :
  • Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit terbangun
  • Karena susunan organisasinya yang koompleksitas, maka kesulitannya adalah dalam bidang koordinasi antar divisi atau departemen
  •  Organisasi Fungsional dan staf
Tipe ini adalah perpaduan antara tipe orrganisasi garis, fungsional dan staf. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas
Setelah kita mengetahui tipe-tipe organisasi, selanjutnya akan kita bahas tentang struktur organisasi yang dimulai dari apa pengertian struktur itu sendiri. Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. 
Ada enam elemen kunci yang perlu diperhatikan oleh para manajer ketika hendak mendesain struktur, antara lain :
  • Spesialisasi pekerjaan. Sejauh mana tugas-tugas dalam organisasi dibagi-bagi ke dalam beberapa pekerjaan tersendiri.
  • Departementalisasi. Dasar yang dipakai untuk mengelompokkan pekerjaan secara bersama-sama. Departementalisasi dapat berupa proses, produk, geografi, dan pelanggan.
  • Rantai komando. Garis wewenang yang tanpa putus yang membentang dari puncak organisasi ke eselon paling bawah dan menjelaskan siapa bertanggung jawab kepada siapa.
  • Rentang kendali. Jumlah bawahan yang dapat diarahkan oleh seorang manajer secara efisien dan efektif.
  • Sentralisasi dan Desentralisasi. Sentralisasi mengacu pada sejauh mana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik di dalam organisasi. Desentralisasi adalah lawan dari sentralisasi.
  • Formalisasi. Sejauh mana pekerjaan-pekerjaan di dalam organisasi dibakukan
Desain struktur organisasi yang umum dibagi tiga, yaitu struktur sederhana, birokrasi, struktur matriks
Desain struktur organisasi modern juga dibagi tiga, yaitu struktur tim, organisasi virtual dan organisasi nirbatas
Model desain struktur organisasi yaitu :
  • Model mekanistis, yaitu sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas, dan sentralisasi.
  • Model organik, yaitu sebuah struktur yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.
  • Model Piramid,model ini di buat persis sebuah piramida.
  • Model Horizontal,Model ini dibuat dengan manarik garis lurus secara horizontal dengan pembagian funsional masing-masing bersama tugasnya masi-masing
Sebagian organisasi terstruktur pada garis yang lebih mekanistis sedangkan sebagian yang lain mengikuti karakteristik organik. Berikut adalah faktor-faktor utama yang diidentifikasi menjadi penyebab atau penentu struktur suatu organisasi:
  • Strategi
  • Ukuran organisasi
  • Teknologi
  • Lingkungan
Referensi
  • http://debbyamaliaaziz.wordpress.com/tipe-organisasi-ada-4-macam/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi
  • http://belajarmanagement.wordpress.com/2010/02/24/bentuk-bentuk-organisasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar