Jumat, 22 November 2013

Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal

Menurut Laswell unsur-unsur komunikasi adalah :
  • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain
  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain
  • Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. dalam komunikasi antar-pribadi (tatap muka) saluran dapat berupa udara yang mengalirkan getaran nada/suara
  • Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol")
Dalam menyalurkan solusi dan ide melalui komunikasi harus ada si pengirim berita (sender) maupun si penerima berita (receiver). Solusi-solusi yang diberikan pun tidak diambil seenaknya saja, tetapi ada penyaringan dan seleksi, manakah solusi yang terbaik yang akan diambil, dan yang akan dilaksanakan oleh organisasi tersebut agar mencapai tujuan, serta visi, misi suatu organisasi. Adapun tahapan-tahapan proses komunikasi adalah sebagai berikut:
  • Ide (gagasan) => si Sender
  • Perumusan. Dalam perumusan, disini ide si sender disampaikan dalam kata-kata
  • Penyaluran (Transmitting). Penyaluran ini adalah bisa lisan, tertulis, mempergunakan symbol, atau isyarat dsb
  • Tindakan. Dalam tindakan ini sebagai contoh misalnya perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan
  • Pengertian. Dalam pengertian ini disini kata-kata si sender yang ada dalam perumusan tadi menjadi ide si receiver
  • Penerimaan. Penerimaan ini diterima oleh si penerima berita (penangkap berita)
Faktor hambatan yang biasanya terjadi dalam proses komunikasi, dapat dibagi dalam 3 jenis sebagai berikut :
  • Hambatan Teknis
Hambatan jenis ini timbul karena lingkungan yang memberikan dampak pencegahan terhadap kelancaran pengiriman dan penerimaan pesan. Dari sisi teknologi, keterbatasan fasilitas dan peralatan komunikasi, akan semakin berkurang dengan adanya temuan baru di bidang teknologi komunikasi dan sistim informasi, sehingga saluran komunikasi dalam media komunikasi dapat diandalkan serta lebih efisien
  • Hambatan Semantik
Gangguan semantik menjadi hambatan dalam proses penyampaian pengertian atau idea secara efektif. Definisi semantik adalah studi atas pengertian, yang diungkapkan lewat bahasa. Suatu pesan yang kurang jelas, akan tetap menjadi tidak jelas bagaimanapun baiknya transmisi. Hambatan semantik dibagi menjadi 3, diantaranya:
  • Salah pengucapan kata atau istilah karena terlalu cepat berbicara
  • Adanya perbedaan makna dan pengertian pada kata-kata yang pengucapannya sama
  • Adanya pengertian konotatif
  •  Hambatan Manusiawi
Hambatan jenis ini muncul dari masalah-masalah pribadi yang dihadapi oleh orang-orang yang terlibat dalam komunikasi, baik komunikator maupun komunikan
Ada beberapa hambatan terhadap komunikasi yang efektif, yaitu :
  • Mendengar
  • Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui
  • Menilai sumber
  • Persepsi yang berbeda
  • Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda
  • Sinyal nonverbal yang tidak konsisten
  • Pengaruh emosi
  • Gangguan
Klasifikasi Komunikasi dalam Organisasi dapat dibagi menjadi :
  • Segi sifat : Komunikasi lisan, komunikasi tertulis, komunikasi verbal, komunikasi nonverbal
  • Segi arah : Komunikasi ke atas, komunikasi diagonal, komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, komunikasi 1 arah dan komunikasi 2 arah
  • Segi lawan : Komukasi satu lawan satu dan komunikasi satu lawan kelompok
  • Segi keresmian : Komunikasi formal dan koomunikasi informal
Referensi
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
  • http://idadwiw.wordpress.com/2011/12/19/bagaimana-menyalurkan-ide-melalui-komunikasi/
  • http://nurlailatulrmd.wordpress.com/2013/05/16/hambatan-hambatan-komunikasi/
  • http://ayurebel.blogspot.com/2012/12/jelaskan-klasifikasi-komunikasi-dalam_2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar